Selasa, 04 September 2018

Refleks Ekstrusi

Mengapa bayi memiliki refleks ekstrusi?

Bayi dilahirkan dengan refleks berbeda yang membantu mereka bertahan hidup di bulan-bulan pertama kehidupan. Refleks adalah tindakan tak sadar yang muncul sebagai respons terhadap rangsangan tertentu.

Refleks ekstrusi atau refleks lidah membantu melindungi bayi dari tersedak atau aspirasi makanan dan benda asing lainnya dan membantu mereka menempel ke puting. Anda dapat melihat gerakan refleks ini ketika lidah mereka tersentuh atau tertekan oleh benda padat dan semisolid, seperti sendok. Sebagai tanggapan, lidah bayi akan mendorong keluar dari mulut mereka untuk mencegah apa pun kecuali puting dari payudara atau botol agar tidak masuk.

Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini dan refleks lainnya.
Kapan refleks ekstrusi berkembang?

Meskipun tidak jelas kapan refleks ekstrusi pertama kali berkembang di dalam rahim, itu ada pada kebanyakan bayi yang baru lahir. Pendorong lidah penting dalam bulan-bulan awal kehidupan bayi karena otot-otot mereka belum cukup berkembang untuk menelan apa pun selain cairan.

Refleks ini bekerja sama dengan refleks mengisap, yang berkembang antara 32 dan 36 minggu kehamilan. Refleks mengisap memungkinkan bayi untuk mengambil ASI atau susu formula dari payudara atau botol.
Berapa lama bertahan?

Refleks ekstrusi tidak hilang seiring berjalannya waktu. Ini adalah bagian normal dari perkembangan, dan mulai memudar antara 4 dan 6 bulan setelah lahir. Ini juga usia ketika bayi umumnya mulai makanan padat. Hilangnya refleks ekstrusi membantu bayi mulai menyapih dari payudara atau botol, dan belajar makan pure, sereal, atau makanan meja lunak.

Beberapa anak dapat menampilkan refleks ini menjadi masa bayi yang lebih tua atau masa kanak-kanak. Ketika ini terjadi, mungkin ada alasan untuk berbicara dengan dokter Anda. Jika lidah menyodorkan terus melampaui bayi, itu dapat menyebabkan masalah dengan penjajaran gigi. Ini juga dapat mempengaruhi perkembangan bicara, seperti membuat cadel saat berbicara.
Cara menguji refleks ekstrusi bayi

Apakah refleks ekstrusi si kecil masih beraksi? Anda dapat mengujinya hanya dengan menawarkan sendok seperti jika Anda mencoba memberi makan. Sendok bisa bersih atau Anda dapat memilih untuk menambahkan sedikit sereal bayi dengan ASI atau susu formula.

    Jika lidah bayi mendorong ke depan dan menolak sendok, refleksnya masih ada.
    Jika mulut bayi terbuka dan menerima sendok, refleks mungkin memudar atau sudah hilang.

Refleks dan padatan ekstrusi

Para ahli merekomendasikan menunggu hingga bayi berusia antara 4 dan 6 bulan untuk memperkenalkan makanan padat. Beberapa kelompok, seperti American Academy of Pediatrics dan World Health Organization, sekarang menetapkan waktu yang ideal pada usia 6 bulan.

Sebelum titik ini, refleks ekstrusi dan muntah masih kuat. Setiap bayi berbeda-beda, jadi penting bagi Anda untuk mengikuti tanda-tanda kesiapan individu untuk makan makanan padat.

Anak Anda mungkin siap untuk makanan padat jika mereka memenuhi tonggak berikut:

    memegang kepala secara mandiri
    duduk di kursi tinggi
    membuka mulut saat sendok mendekat
    menarik bibir atas dan bawah ke dalam saat sendok dikeluarkan dari mulut
    dengan berat 13 pon atau lebih, dan telah menggandakan berat lahir mereka

Jika anak Anda memenuhi pencapaian ini dan masih belum tertarik dengan makanan padat, coba lagi dalam beberapa hari atau beberapa minggu.

Jika refleks ekstrusi bayi Anda masih kuat, itu akan memudar pada saat mereka mencapai usia 6 bulan.

Bayi yang lahir prematur mungkin perlu menunggu lebih lama dari standar 4-6 bulan untuk memulai makanan padat, apakah refleks ekstrusi masih ada atau tidak. Bicaralah dengan dokter Anda.

Secara umum, Anda mungkin ingin menawarkan makanan dalam garis waktu yang mengikuti usia atau usia yang dikoreksi anak Anda jika mereka lahir pada tanggal jatuh tempo. Itu berarti jika bayi lahir 3 minggu lebih awal, Anda akan ingin menunggu sampai mereka antara 4 bulan dan 3 minggu, dan 6 bulan dan 3 minggu sebelum menawarkan makanan padat.
Refleks bayi

Ada beberapa refleks lain yang mungkin Anda perhatikan pada bayi yang baru lahir. Tindakan-tindakan tak sadar ini berkembang baik dalam rahim atau hadir saat lahir. Mereka menghilang saat bayi mencapai beberapa bulan hingga beberapa tahun.
Deskripsi Reflex Muncul Akan Menghilang
mengisap Bayi menyebalkan ketika atap mulut mereka disentuh; bisa juga dibawa ke tangan melalui 36 minggu kehamilan; terlihat pada kebanyakan bayi yang baru lahir, tetapi mungkin tertunda pada bayi prematur 4 bulan
rooting Bayi memutar kepala ketika mulut dibelai atau disentuh Terlihat pada kebanyakan bayi yang baru lahir, tetapi mungkin ditunda pada bayi prematur 4 bulan
Moro atau mengejutkan Bayi memanjang lengan dan kaki, dan menoleh ke belakang sebagai respons terhadap suara keras atau gerakan tiba-tiba Terlihat pada sebagian besar bayi prematur dan usia 5 hingga 6 bulan
tonik leher Ketika kepala bayi diputar ke satu sisi, lengan di sisi yang sama membentang; lengan lainnya menekuk siku yang terlihat pada kebanyakan bayi prematur dan 6 bulan sampai 7 bulan
pegang Baby Grasps ketika telapak tangan dibelai oleh objek, seperti jari pengasuh Dengan 26 minggu kehamilan; Terlihat pada kebanyakan bayi prematur dan prematur 6 hingga 7 bulan
pegang Baby Grasps ketika telapak tangan dibelai oleh objek, seperti jari pengasuh Dengan 26 minggu kehamilan; terlihat pada kebanyakan bayi prematur dan prematur 5 sampai 6 bulan
Kaki besar Babinski Baby menekuk ke belakang dan jari-jari kaki melebar ketika telapak kaki mereka dibelai Terlihat pada kebanyakan bayi prematur dan prematur 2 tahun
langkah Baby “berjalan” atau menari ketika dipegang tegak dengan kaki menyentuh permukaan yang padat Terlihat pada sebagian besar bayi prematur dan 2 bulan
The takeaway

Refleks ekstrusi adalah bagian normal dari perkembangan bayi dan akan memudar seiring waktu ketika si kecil mencapai pertengahan tahun pertama mereka.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang refleks ini mengganggu pengenalan makanan padat, bicaralah dengan dokter anak Anda. Dalam banyak kasus, bayi Anda mungkin membutuhkan sedikit lebih banyak waktu untuk mempelajari keterampilan baru ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar