Senin, 03 September 2018

Cara Menghentikan Mensruasi yang Berat

Apa yang bisa kamu lakukan

Jika menstruasi Anda begitu berat sehingga Anda cepat meresap melalui pembalut atau tampon - atau harus menggandakan berbagai jenis perlindungan - ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menemukan bantuan.

Anda mungkin dapat meringankan gejala dan mengembalikan siklus ke jalur hanya dengan membuat beberapa penyesuaian pada diet Anda. Dalam beberapa kasus, cukup istirahat dan mengambil pembunuh rasa sakit over-the-counter (OTC) juga dapat melakukan trik.

Jika Anda tidak melihat perubahan dalam 1 atau 2 siklus berikutnya, buat janji untuk menemui dokter Anda. Anda juga harus menemui dokter jika Anda:

    memiliki pembekuan seperempat atau lebih besar dalam darah menstruasi Anda
    berdarah di antara periode
    sangat lelah atau sesak napas

Jika Anda memiliki pola pendarahan yang tidak teratur dan berat menjelang menopause, atau Anda mengalami perdarahan pervaginam setelah diberitahu bahwa Anda telah melewati masa menopause, Anda harus menemui dokter untuk evaluasi segera.
Bagaimana pengobatan rumah dan alami dapat membantu

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk meringankan gejala dan mengembalikan siklus menstruasi.
Hidrat

Jika Anda mengeluarkan banyak darah selama beberapa hari, volume darah Anda bisa menjadi terlalu rendah. Minum 4-6 cangkir air tambahan setiap hari dapat mempertahankan volume darah Anda.

Minum larutan elektrolit seperti Gatorade atau tambahkan lebih banyak garam ke diet Anda, untuk mengimbangi cairan ekstra yang Anda minum.
Makan makanan kaya vitamin C

Vitamin ini membantu tubuh Anda menyerap zat besi, yang dapat membantu mencegah anemia. Anda akan menemukannya di buah jeruk seperti jeruk dan grapefruits.

Vitamin C juga ada di:

    paprika merah dan hijau
    buah kiwi
    stroberi
    kubis Brussel
    Brokoli
    jus tomat

Tambahkan lebih banyak zat besi ke diet Anda

Ketika Anda berdarah, Anda kehilangan besi. Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk menghasilkan hemoglobin, sebuah molekul yang membantu sel-sel darah merah membawa oksigen. Periode yang sangat berat dapat menguras tubuh besi Anda dan menyebabkan anemia defisiensi besi.

Tanda-tanda anemia meliputi:

    kelelahan
    kelemahan
    pusing
    kulit pucat

Untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi ini, makan makanan yang tinggi zat besi seperti:

    daging sapi tanpa lemak
    tiram
    ayam dan kalkun
    kacang polong
    Tahu
    bayam

Masak dalam panci besi

Cara lain untuk meningkatkan asupan zat besi Anda adalah dengan memasak di wajan besi cor. Makanan dengan banyak kelembapan - seperti saus spaghetti - menyerap sebagian besar zat besi.

Mengaduk panci sering akan menarik lebih banyak zat besi ke dalam makanan Anda.

Berhati-hatilah agar tidak berlebihan. Memasak semuanya ke dalam panci besi dapat memberi Anda lebih banyak zat besi daripada yang Anda butuhkan - dan itu dapat menyebabkan tingkat yang sangat tinggi pada anak-anak.
Bagaimana suplemen dapat membantu

Mengambil vitamin tambahan selama periode Anda mungkin membantu dengan perdarahan. Nutrisi tertentu - seperti zat besi, terutama - membantu mengisi kembali apa yang hilang setiap bulan.

Periksa dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen apa pun. Mereka dapat menentukan apakah Anda benar-benar perlu mengambil suplemen, dosis yang tepat untuk Anda, dan efek samping atau interaksi yang harus diperhatikan.

Suplemen potensial termasuk:

    Vitamin C. Vitamin ini dapat membantu mengurangi perdarahan. Mungkin juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi, yang dapat membantu mencegah defisiensi zat besi.
    Besi. Ada beberapa bukti yang menunjukkan kurangnya zat besi dapat berkontribusi pada periode yang berat. Jika makan diet kaya zat besi belum meningkatkan tingkat Anda, suplementasi dapat membantu.
    Molase blackstrap. Produk sampingan gula tebu yang tebal ini lebih dari sekadar aditif resep. Ini adalah sumber zat besi yang baik, serta nutrisi seperti kalsium, magnesium, dan selenium.

Bagaimana pengobatan OTC dapat membantu

Beberapa penghilang rasa sakit OTC dapat membantu mengurangi kehilangan darah selama menstruasi Anda. Ini termasuk obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti Advil, Motrin, atau aspirin.

NSAID tidak meringankan pendarahan serta obat resep, tetapi Anda dapat menggabungkannya dengan obat lain untuk bantuan yang lebih baik. Obat-obatan ini juga dapat membantu meredakan kram yang menyakitkan.

    Dosis tinggi atau penggunaan NSAID jangka panjang dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Anda harus selalu memantau dokter Anda dosis Anda dan tidak pernah mengambil NSAID jika Anda alergi atau telah diberitahu untuk tidak.

Bagaimana resep obat dapat membantu

Jika Anda menemui dokter tentang periode menstruasi yang berat, mereka mungkin akan mulai dengan meresepkan salah satu dari obat berikut:
Metode pengendalian kelahiran

Pil, tambalan, dan cincin

Pil KB, tambalan, dan cincin adalah bentuk berbeda dari pengendalian kelahiran hormonal.

Kontrol kelahiran hormonal menipiskan lapisan uterus, biasanya mengakibatkan perdarahan menstruasi lebih sedikit. Ini juga dapat meringankan gejala periode lain, seperti kram yang menyakitkan.

Anda biasanya menggunakan pil, tempelan, atau cincin selama 21 hari, kemudian mengambil 7 hari libur untuk menstruasi. Pil kontrasepsi yang lebih baru dapat memberikan dosis hormon terus menerus sepanjang bulan, sehingga lebih sedikit atau tidak ada periode.

Efek samping umum dari pil dan metode hormonal lainnya termasuk:

    payudara sakit
    kembung
    mual
    perubahan mood
    perdarahan atau bercak di antara periode
    penambahan berat badan
    sakit kepala

Kontrol kelahiran ditembak

Tembakan Depo-Provera adalah bentuk lain dari pengendalian kelahiran hormonal. Alih-alih mengatur sendiri seperti yang Anda lakukan dengan pil atau patch, dokter Anda akan menyuntikkan obat ke lengan atau pantat Anda.

Itu harus diberikan setiap 3 bulan sekali agar tetap efektif.

Alat kontrasepsi hormonal (IUD)

IUD adalah alat kecil yang ditempatkan di dalam rahim untuk mencegah konsepsi. Tergantung pada merek, IUD hormonal - seperti Mirena - dapat efektif selama 3 hingga 5 tahun.

IUD tembaga tidak disarankan untuk tujuan ini.
Asam traneksamat (Lysteda)

Lysteda adalah tablet antifibrinolitik. Ini mengurangi pendarahan dengan mencegah tubuh Anda dari memecah gumpalan.

Anda hanya perlu meminumnya selama beberapa hari setiap bulan, tetapi tidak akan mencegah Anda hamil seperti obat kontrasepsi. Efek samping termasuk kram otot dan sakit kepala.
Norethindrone (Aygestin)

Aygestin adalah pil yang mengandung hormon progestin. Wanita dengan perdarahan yang sangat berat dapat mengambil dosis 5 miligram, dua kali sehari, dari hari ke 5 hingga 26 dari siklus menstruasi mereka.

Efek sampingnya mirip dengan metode pengendalian kelahiran hormonal.
Agonis hormon Gonadotropin-releasing (GnRH)

Obat-obat ini digunakan untuk mengobati perdarahan hebat yang disebabkan oleh endometriosis dan fibroid uterus. Mereka datang dalam bentuk suntik dan semprot hidung.

Agonis GnRH tidak boleh digunakan selama lebih dari tiga hingga enam bulan. Efek samping dapat memburuk dari waktu ke waktu dan termasuk:

    hot flashes
    sakit kepala
    tulang yang lemah

Bagaimana operasi bisa membantu

Pembedahan bisa menjadi pilihan jika obat tidak meredakan gejala Anda.

Sebelum merekomendasikan prosedur tertentu, dokter Anda akan mempertimbangkan:

    seberapa parah gejala Anda
    jika penyebab yang mendasari bertanggung jawab
    apakah Anda berencana untuk hamil

Operasi meliputi:

USG terfokus

Perawatan non-invasif ini membantu pendarahan yang disebabkan oleh uterine fibroid. Ia menggunakan gelombang ultrasound untuk mengecilkan fibroid.

Embolisasi arteri uterus

Perawatan ini juga digunakan untuk uterine fibroid. Dokter bedah Anda akan memasukkan kateter melalui arteri di paha Anda dan memasukkannya ke arteri di rahim Anda. Manik-manik kecil akan disuntikkan ke pembuluh darah yang memberi makan fibroid Anda, menyebabkan mereka menyusut.

Miomektomi

Prosedur ini dilakukan untuk menghilangkan fibroid uterus, tetapi membiarkan rahim Anda tetap utuh. Hal ini dapat dilakukan melalui vagina Anda, beberapa sayatan kecil di perut Anda (laparoskopi), atau satu potongan besar di perut Anda.

Bagaimana ahli bedah Anda melakukan prosedur tergantung pada ukuran, jumlah, dan lokasi fibroid Anda.

Endometrial ablation

Prosedur ini digunakan untuk menghilangkan sebagian besar lapisan uterus Anda dengan energi laser, panas, atau frekuensi radio. Setelah itu, menstruasi Anda akan menjadi ringan hingga tidak ada, dan Anda tidak akan bisa hamil.

Reseksi endometrium

Reseksi endometrium mirip dengan ablasi. Prosedur ini melibatkan penggunaan loop kawat untuk mengangkat seluruh lapisan uterus Anda. Anda tidak akan bisa hamil sesudahnya.

Histerektomi

Prosedur ini digunakan untuk mengangkat seluruh rahim Anda. Ini menyembuhkan pendarahan berat, tetapi Anda tidak akan bisa hamil sesudahnya.
Tips dan trik lainnya

Sampai Anda menemukan perawatan yang mengurangi perdarahan hebat Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk membuat menstruasi Anda lebih mudah tertahankan:

    Coba secangkir menstruasi. Cangkir silikon kecil ini pas di dalam vagina Anda dan menangkap darah saat dilepaskan dari rahim Anda. Itu bisa menyimpan lebih banyak darah daripada pad atau tampon, dan itu lebih mungkin bocor. Dan karena cangkir menstruasi dapat digunakan kembali, mereka lebih baik untuk lingkungan daripada produk saniter yang sekali pakai.
    Kenakan celana dalam periode. Pakaian dalam penyerap ini dirancang untuk mendukung tampon dan bantalan untuk mencegah kebocoran. Anda juga bisa memakainya sendiri. Produsen seperti Thinx mengklaim bahwa produk mereka dapat menyerap hingga dua tampon darah tanpa menyebabkan ketidaknyamanan.
    Gunakan bantal pemanas. Meskipun tidak akan meringankan aliran Anda, bantal pemanas dapat membantu meredakan kram menstruasi yang menyakitkan.

Kapan berbicara dengan dokter Anda

Temui dokter Anda jika menstruasi Anda luar biasa berat selama lebih dari satu atau dua bulan. Anda mungkin mengalami pendarahan lebih dari biasanya jika:

     Anda harus menggandakan perlindungan untuk menyediakan cakupan yang memadai
     Anda rendam melalui satu atau lebih pembalut atau tampon satu jam
     Anda harus mengganti pad atau tampon Anda di malam hari
     Anda melewati gumpalan darah lebih besar dari seperempat
     Anda mengalami gejala anemia, seperti kelelahan, sesak napas, dan kulit pucat
     menstruasi Anda berlangsung selama lebih dari satu minggu dalam satu waktu

Sebagian besar penyebab periode berat, seperti fibroid, lebih tidak nyaman daripada serius. Tetapi jika Anda tidak mengobati masalah dan Anda mengeluarkan banyak darah, Anda bisa mengembangkan anemia.

Dokter Anda akan bekerja dengan Anda untuk mengembangkan rencana perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda sambil menghilangkan gejala Anda. Ini mungkin memerlukan sedikit trial and error, jadi buka dengan dokter Anda dan berikan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar