Senin, 03 September 2018

Cara Mengobati Uterine Fibroid Sendiri

Apa itu fibroid uterus?

Fibroid uterus adalah pertumbuhan di rahim Anda. Hampir 80 persen wanita Amerika memiliki atau telah memiliki fibroid. Mereka juga disebut:

    tumor jinak
    leiomioma uterus
    mioma

Sementara fibroid tidak bersifat kanker atau mengancam jiwa, mereka terkadang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Kisaran Fibroid dalam ukuran hingga sekecil benih menjadi lebih besar dari buah grapefruit. Anda dapat memiliki satu fibroid atau beberapa pertumbuhan.

Anda mungkin tidak memiliki gejala sama sekali. Kebanyakan wanita tidak tahu mereka memiliki kondisi ini.

Tanda dan gejala tergantung pada ukuran, lokasi, dan jumlah fibroid. Anda mungkin mengalami:

    periode yang bertahan lebih lama dari seminggu
    perdarahan menstruasi yang berat
    bercak atau perdarahan antar periode
    tekanan panggul atau nyeri
    sakit punggung atau kaki
    sering buang air kecil
    kesulitan mengosongkan kandung kemih Anda
    sembelit
    kesulitan hamil

Anda mungkin berisiko lebih tinggi untuk fibroid jika Anda:

    berusia antara 30 dan 50 tahun
    kelebihan berat badan atau obesitas
    adalah orang Afrika-Amerika, karena fibroid dua sampai tiga kali lebih umum pada wanita Afrika-Amerika
    memiliki riwayat keluarga fibroid
    mulai menstruasi sebelum usia 10 tahun
    gunakan beberapa jenis alat kontrasepsi
    memiliki pola makan yang buruk
    mengkonsumsi alkohol

Jenis-jenis fibroid

Fibroid dapat tumbuh di bagian manapun dari rahim Anda. Mereka diberi nama oleh tempat mereka tumbuh:

    fibroid intramural tumbuh di dalam dinding rahim
    fibroid submukosa tumbuh ke dalam rongga berongga dari rahim Anda
    fibroid subserosal tumbuh keluar dari permukaan rahim Anda

Pengobatan alami fibroid

Fibroid biasanya tumbuh lambat atau tidak sama sekali. Dalam banyak kasus, mereka menyusut sendiri, terutama setelah menopause. Anda mungkin tidak memerlukan perawatan kecuali Anda terganggu oleh gejala. Dokter Anda akan merekomendasikan rencana perawatan terbaik. Anda mungkin membutuhkan kombinasi terapi.

Dalam kasus sedang sampai parah di mana gejala mengganggu, memburuk, atau tidak membaik dengan obat, fibroid dapat diobati dengan pembedahan atau terapi ultrasound. Pembedahan mungkin melibatkan pengangkatan hanya fibroid atau seluruh uterus Anda.

Perawatan di rumah, perubahan pola makan, dan pengobatan alami dapat membantu mengobati fibroid dan meredakan gejala. Perubahan gaya hidup di bawah ini juga penting dalam pencegahan fibroid.

Perawatan alami ini mungkin atau mungkin tidak membantu gejala fibroid Anda, karena bantuan tergantung pada seberapa parah gejala Anda dan bagaimana perkembangan fibroid Anda. Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum mencoba opsi-opsi ini.
Berat badan turun

Sebuah studi klinis di Cina menunjukkan bahwa obesitas dan kelebihan berat badan meningkatkan risiko uterine fibroid. Ini terjadi karena sel-sel lemak membuat jumlah estrogen yang tinggi. Menurunkan berat badan dapat membantu mencegah atau mengurangi ukuran fibroid.
Nutrisi

Diet harian Anda adalah faktor yang sangat penting dalam mengobati fibroid. Nutrisi yang tepat dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi risiko Anda. Makanan tertentu juga dapat membantu meringankan gejala.
Makanan yang harus dihindari

Menurut studi klinis, makan terlalu banyak daging merah meningkatkan risiko fibroid uterus. Minum alkohol juga meningkatkan risiko Anda.

Makan karbohidrat olahan dan makanan manis dapat memicu atau memperburuk fibroid. Makanan-makanan ini meningkatkan kadar gula darah. Ini menyebabkan tubuh Anda memproduksi terlalu banyak hormon insulin. Hindari atau batasi karbohidrat olahan sederhana seperti:

    nasi putih, pasta, dan tepung
    soda dan minuman manis lainnya
    sirup jagung
    sereal kotak
    makanan yang dipanggang (kue, kue, donat)
    keripik kentang
    kerupuk

Makanan untuk dimakan

Makanan kaya serat yang tidak diolah membantu:

    kurangi nafsu makanmu
    menyeimbangkan hormon
    mencegah penambahan berat badan berlebih

Makanan berwarna cerah seperti buah dan sayuran juga membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko Anda untuk fibroid. Tambahkan makanan utuh ini ke diet harian Anda:

    sayuran dan buah mentah dan dimasak
    buah kering
    gandum utuh
    beras merah
    kacang dan kacang
    roti gandum dan pasta
    couscous
    biji gandum
    herbal segar dan kering

Vitamin dan suplemen

Susu dan produk susu dapat membantu mengurangi fibroid. Produk susu mengandung jumlah kalsium, magnesium, dan fosfor yang tinggi. Nutrisi ini dapat membantu mencegah pertumbuhan fibroid.

Beberapa jenis vitamin juga dapat membantu mengurangi pertumbuhan dan ukuran fibroid. Penelitian menegaskan bahwa risiko Anda untuk fibroid dapat meningkat jika Anda memiliki jumlah rendah vitamin D dan vitamin A dari sumber-sumber hewani, seperti susu.

Fibroid uterus dapat memperburuk nyeri haid, kembung, dan kram. Sejumlah vitamin dapat membantu meringankan gejala-gejala ini:

    vitamin B-1
    vitamin B-6
    vitamin E
    magnesium
    asam lemak omega-3

Anda dapat menemukan vitamin ini dalam makanan serta suplemen. Jika Anda ingin mulai memasukkan suplemen ke dalam rutinitas harian Anda, bicaralah dengan dokter Anda sebelum memulai.

Tekanan darah

Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa mungkin ada hubungan antara tekanan darah tinggi dan fibroid. Kelola tekanan darah Anda untuk membantu mengurangi risiko dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan:

    Batasi makanan dengan tambahan garam atau sodium.
    Periksa tekanan darah Anda secara teratur dan diskusikan pembacaan dengan dokter Anda.
    Dapatkan olahraga teratur.

Obat herbal

Obat herbal dapat membantu mengobati fibroid atau mengurangi gejala terkait. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah pengobatan ini bekerja dan apa dosis yang paling efektif.

Herbal adalah obat kuat dan dapat berinteraksi dengan obat lain. Mereka juga tidak diatur oleh Administrasi Makanan dan Obat AS. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi obat herbal.
Pengobatan Tradisional Cina

Obat herbal digunakan dalam Pengobatan Cina tradisional untuk memperlambat pertumbuhan fibroid dan mengobati gejala. Satu formula herbal disebut Guizhi fuling atau Gui Zhi Fu Ling Tang. Formula ini mengandung beberapa herbal yang berfungsi untuk mengecilkan fibroid rahim, menyeimbangkan kadar hormon, dan menjaga uterus tetap sehat:

    ramulus cinnamomi
    poria
    air mani persicae
    radix paeoniae rubra
    radix paeoniae alba
    cortex moutan

Teh hijau

Bioflavonoid dalam teh hijau yang disebut EGCG dapat membantu mengurangi ukuran dan jumlah fibroid. Ini mungkin karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan membuang racun dari tubuh Anda.
Chasteberry

Chasteberry, atau vitex, diambil untuk perdarahan menstruasi yang berat, periode yang menyakitkan, dan gejala lainnya. Obat herbal ini membantu menyeimbangkan kadar hormon.
Isphagula husk, senna, dan minyak jarak

Herba berserat seperti isphagula dan senna digunakan sebagai obat pencahar alami. Tambahkan ramuan ini ke air atau jus untuk membantu meredakan sembelit.

Minyak jarak adalah minyak herbal yang dapat diambil sebagai suplemen untuk membantu sembelit sesekali.
Pengobatan lainnya

Perawatan di rumah dapat membantu mengelola stres, yang dapat memperparah fibroid dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Cobalah opsi perawatan ini yang dapat membantu mengelola stres:

    kompres hangat atau menggunakan panas lokal
    mandi air hangat
    yoga dan olahraga
    pijat terapi

Pengobatan lainnya

Dalam kebanyakan kasus, fibroid simptomatik diobati dengan obat hormonal, terapi ultrasound, operasi, dan perawatan lainnya. Obat membantu mengecilkan fibroid atau meredakan gejala. Pembedahan mungkin melibatkan pengangkatan hanya fibroid atau seluruh uterus Anda.

Beberapa perawatan yang mungkin disarankan dokter Anda termasuk:

    obat penyeimbang hormon
    progestin-releasing intrauterine device (IUD)
    Operasi ultrasound terfokus yang dipandu oleh MRI
    myolysis, yang dihilangkan dengan gelombang frekuensi radio
    cryomyolysis, yang menghilangkan fibroid dengan pembekuan
    miomektomi, yaitu operasi untuk mengangkat hanya fibroid
    histerektomi, yang secara operasi mengangkat rahim Anda

Kapan harus ke dokter

Temui dokter Anda jika Anda mengalami gejala apa pun yang terkait dengan fibroid Anda, tidak peduli seberapa ringan. Dokter Anda akan memeriksa Anda dan memutuskan apakah perawatan diperlukan.

Tindak lanjut janji mungkin diperlukan untuk memantau fibroid Anda. Jika Anda kesulitan hamil, dokter Anda dapat menentukan apakah itu karena fibroid.
The takeaway

Dokter Anda dapat menentukan apakah pengobatan fibroid alternatif atau alami tepat untuk Anda. Perawatan tergantung pada usia, kesehatan, dan gaya hidup Anda. Mungkin juga bervariasi menurut jumlah, ukuran, dan lokasi fibroid Anda.

Perubahan pola makan dan gaya hidup adalah rencana tindakan pertama untuk mengobati fibroid uterus. Perubahan sehat ini penting bahkan dengan pembedahan atau pengobatan.

Diet, pengobatan alami, manajemen stres, dan penghilang rasa sakit alternatif juga dapat membantu meringankan gejala seperti rasa sakit, pendarahan berat, dan sembelit.

Bicarakan dengan dokter atau ahli gizi Anda tentang diet dan rencana olahraga terbaik untuk Anda. Buat perubahan kecil setiap hari agar konsisten dan ciptakan kebiasaan baru yang sehat. Buat rencana makan mingguan untuk membantu Anda mengikuti diet seimbang. Bergabunglah dengan pusat kebugaran atau berolahraga dengan pasangan untuk tetap termotivasi.

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil semua jenis obat herbal atau suplemen. Simpan daftar semua obat, suplemen, dan obat herbal Anda. Beli suplemen herbal dari sumber yang memiliki reputasi baik untuk menghindari kontaminasi dan bahan-bahan yang tidak sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar