Senin, 03 September 2018

Refleks Bayi baru lahir

Refleks yang baru lahir

Jika bayi baru Anda dikejutkan oleh suara keras, gerakan tiba-tiba, atau merasa seperti jatuh, mereka mungkin merespons dengan cara tertentu. Mereka mungkin tiba-tiba mengulurkan tangan dan kaki mereka, melengkungkan punggung mereka, dan kemudian mengeriting semuanya lagi. Bayi Anda mungkin atau mungkin tidak menangis ketika mereka melakukan ini.

Ini adalah respons kejut tak sadar yang disebut refleks Moro. Bayi Anda melakukan ini secara refleks sebagai respons terhadap keterkejutan. Itu adalah sesuatu yang dilakukan bayi yang baru lahir lalu berhenti dilakukan dalam beberapa bulan.

Dokter bayi Anda dapat memeriksa respons ini selama ujian pascapembelian dan pada beberapa pemeriksaan terjadwal pertama.
Jenis refleks yang baru lahir

Bayi dilahirkan dengan sejumlah refleks. Segera setelah lahir, mereka dapat menunjukkan refleks untuk rooting, mengisap, menggenggam, dan melangkah, antara lain.
Rooting

Jika Anda menyentuh pipinya dengan lembut, bayi Anda akan memutar wajah mereka, mulut terbuka, ke arah tangan atau payudara Anda. Bayi melakukan ini secara naluriah untuk mencari makanan.
Menyedot

Bayi Anda akan secara otomatis mulai mengisap jika ada sesuatu yang menyentuh atap mulut mereka. Bayi melakukan ini secara naluri untuk makanan. Tetapi meskipun bayi Anda secara alami tahu cara mengisap, perlu latihan untuk mengubahnya menjadi keterampilan.

Jika Anda mengalami kesulitan menyusui, jangan berkecil hati. Sebagai gantinya, mintalah bantuan dari konsultan laktasi. Anda dapat menemukannya melalui rumah sakit setempat.
Tamak

Bayi Anda akan menutup jari-jari mereka di sekitar sesuatu yang ditekan ke tangan mereka, seperti jari atau mainan Anda. Refleks ini membantu bayi mengembangkan keterampilan untuk secara sadar memahami hal-hal ketika mereka tumbuh.
Melangkah

Jika Anda menggendong bayi Anda tegak dan membiarkan kaki mereka menyentuh permukaan yang rata, mereka akan mengambil satu kaki lalu yang lain. Sepertinya mereka mencoba mengambil langkah. Refleks ini membantu bayi mengembangkan keterampilan berjalan yang dikontrol, yang mungkin akan mulai mereka lakukan sekitar ulang tahun pertama mereka.

Refleks ini adalah bagian normal dari perkembangan bayi. Mereka membantu fungsi bayi Anda di dunia. Refleks Moro adalah refleks bayi normal lainnya.

 Bagaimana saya bisa membuat bayi saya tidak terkejut?

Anda mungkin memperhatikan refleks kejang bayi ketika Anda mencoba untuk membuatnya tertidur. Bersandar untuk meletakkannya bisa memberi bayi Anda sensasi jatuh. Itu dapat membangunkan bayi Anda bahkan jika mereka tidur nyenyak.

Jika refleks Moro bayi Anda menghalangi mereka untuk tidur dengan benar, cobalah kiat berikut:

    Jaga bayi Anda dekat dengan tubuh Anda saat meletakkannya. Dekatkan mereka selama mungkin saat Anda meletakkannya. Melepaskan bayi Anda dengan lembut hanya setelah punggung menyentuh kasur. Dukungan ini harus cukup untuk mencegah mereka mengalami sensasi jatuh, yang dapat memicu refleks kejut.
    Membedung bayi Anda. Ini akan membuat mereka merasa aman dan aman. Lampin adalah teknik yang menyerupai area rahim yang nyaman dan nyaman. Ini juga dapat membantu bayi Anda tidur lebih lama.

Bagaimana membedung

Untuk membasahi bayi Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

    Gunakan selimut yang besar dan tipis. Baringkan selimut di permukaan yang datar.
    Lipat satu sudut sedikit. Perlahan-lahan berbaring bayi Anda di atas selimut dengan kepala mereka di tepi sudut terlipat.
    Bawalah satu sudut selimut ke tubuh bayi Anda dan selipkan dengan nyaman di bawahnya.
    Lipat bagian bawah selimut, sisakan ruang untuk kaki dan kaki bayi Anda untuk bergerak.
    Bawalah sudut terakhir selimut ke tubuh bayi Anda dan selipkan di bawahnya. Ini hanya akan membuat kepala dan leher mereka terpapar.

Bayi Anda yang dibedongkan hanya harus berbaring telentang untuk tidur. Periksa secara teratur untuk memastikan mereka tidak terlalu panas. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang lampin, tanyakan dokter bayi Anda.

 Mendorong gerakan

Refleksi awal bayi Anda akan mulai menghilang saat mereka tumbuh. Saat bayi Anda berusia 3 hingga 6 bulan, mereka mungkin tidak akan menunjukkan refleks Moro lebih lama. Mereka akan memiliki kontrol lebih besar atas gerakan mereka, dan refleks mereka akan menjadi kurang dendeng.

Anda dapat membantu kemajuan bayi Anda dengan meluangkan waktu setiap hari untuk bergerak. Berikan ruang bayi Anda untuk meregangkan tangan dan kaki mereka. Ini akan membantu mereka nada dan memperkuat otot-otot mereka. Bahkan bayi yang baru lahir harus memiliki kesempatan untuk bergerak, termasuk kepala kecil mereka. Cukup berhati-hati untuk memberikan dukungan kepada kepala dan leher bayi Anda saat memegangnya.
Kapan memanggil dokter Anda

Ketika bayi tidak memiliki refleks normal, itu bisa menjadi pertanda masalah potensial. Jika refleks Moro kurang pada satu sisi tubuh bayi Anda, itu bisa menjadi hasil dari bahu yang patah atau cedera saraf. Jika refleks kurang di kedua sisi, mungkin menunjukkan kerusakan otak atau sumsum tulang belakang.

Jangan terlalu khawatir jika Anda tidak memperhatikan refleks kejang bayi Anda. Dokter bayi Anda akan dapat menentukan apakah refleks Moro bayi Anda ada dan normal. Jika dokter bayi Anda memiliki kekhawatiran, pengujian lebih lanjut mungkin diperlukan untuk memeriksa otot dan saraf bayi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar